RSS

Cara Install Ubuntu Dual Boot Dengan Windows


Hallo para sobat-sobat Linuxer maupun windowser. Di hari yang cerah ini saya akan membantu para sobat windowser yg ingin menginstall linux di laptop ato PC-nya. Mungkin di google suda terlalu banyak tutorial cara menginstall Linux jadi saya hanaya ikut maramaikan saja. Mungkin tutorial yang saya buat lebih mudah dipahami dan berguna bagi sobat-sobat open source.

Bagi sobat yang belum mengetahui ubuntu saya akan sedikit menjelaskan. Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Itulah sedikit tentang Linux. Langsung saja kita ke proses instalasi Linux :

1. Siapkan cd linux dan partisi hardisk ya minimal 30 GB
2. Setting BIOS agar booting ke bootable Ubuntu 12.10
3. Setelah masuk ke ubuntu maka akan muncul seperti ini : 



4. jika kita ingin menoba terlebih dahulu kita bisa memilih Try Ubuntu. Tapi jika kita sudah yakin kita bisa pilih Install Ubuntu. Disini saya mencontohkan yang Install Ubuntu.
5. Setelah itu akan muncul Preparing to install ubuntu klik continue aja :


6. Setelah itu tampil  instalasi Type :



Nah hati-hati pada form ini ada 3 pilihan option :
  1. option pertama : jika anda ingin install ubuntu dengan sistem operasi lain pilih option ini
  2. option kedua : menghapus sistem operasi yang ada dan menggantinya dengan Ubuntu
  3. option ketiga : jika anda pengguna tingkat lanjut maka pilih opsi ini karena kita nanti bisa membagi lagi partisi home,root, dan swap ya.
7. disini saya memilih something else kemudian klik Continue. kemudian kita buat partisi untuk swap dan root.
8. Selanjutnya pilih Free Space dan klik add :



9. Selanjutnya memilih Swap area. Tentukan size untuk ruang swap yang akan dibuat, sebagai contoh saya menggunakan 500/500MB. Pada pilihan Use as pilih Swap area kemudian klik OK :


10. Untuk tahap selanjutnya, klik add pada Free Space lagi untuk membuat partisi ubuntu. untuk kali ini kita menggunakan semua sisa size pada ruang kosong. Dan untuk pilihan Use as pilih ext4 journaling file system, sedangkan untuk Mount point tambahkan root ( / ) kemudian klik OK :


11. Pilih atau klik partisi root ( / ) setelah itu klik Install Now.


12. kemudian pilih location negara dan klik continue :


13. Pilih keyboard layout kemudian klik continue :


14. Isi data user login dan password dan klik continue lagi.


15. Setelah itu tunggu instalasi hingga selesai biasanya akan berjalan sekitar 15-30 menit. Kalau sudah berhasil maka tampil form istalasi complete dan ada dua pilihan Continue Testing kalo ingin langsung mencoba dan Restart Now untuk merestart komputer. Tapi disini saya sarankan untuk merestart komputer anda.



OK gimana sobat Mboiz sudah bisakah kalian menginstall ubuntu? mudahkan? jika ada masalah saat penginstalan silahkan coment aja. Dan semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat - sobat Mboiz sekalian.

1 comments:

Anonymous said...

windows nya mana juragan, kurang lengkap nih??? :/

Post a Comment

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Bright Future All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates