RSS

Cara Install Network Manager Di Backtrack

Red Hat memulai sebuah proyek NetworkManager pada tahun 2004 dengan tujuan memungkinkan pengguna Linux untuk menangani lebih mudah dengan kebutuhan jaringan modern, khususnya jaringan nirkabel. NetworkManager mengambil pendekatan oportunistik untuk pemilihan jaringan, mencoba menggunakan koneksi terbaik yang tersedia sebagai pemadaman terjadi, atau sebagai pengguna menjelajah antara jaringan nirkabel. Ini lebih suka koneksi Ethernet lebih "dikenal" jaringan nirkabel, yang disukai melalui jaringan nirkabel dengan SSID yang pengguna tidak pernah tersambung. Pengguna diminta untuk kunci WEP atau WPA sesuai kebutuhan.

Proyek NetworkManager merupakan salah satu komponen utama desktop pertama Linux untuk memanfaatkan D-Bus dan HAL ekstensif. Sejak Juni 2009, bagaimanapun, NetworkManager tidak lagi tergantung pada HAL.



NetworkManager memiliki dua komponen:
1. layanan yang mengelola perubahan koneksi jaringan dan laporan
2. applet desktop grafis yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi koneksi jaringan. Applet nmcli menyediakan fungsi serupa pada baris perintah.
Kedua komponen dimaksudkan oleh para pengembang harus cukup portabel, dan applet yang tersedia untuk lingkungan desktop yang mengimplementasikan Sistem Freedesktop.org Protocol Tray, termasuk GNOME, KDE Plasma Workspace, Pencerahan (window manager) dan Xfce. Sebagai komponen berkomunikasi melalui D-Bus, aplikasi dapat ditulis menjadi "link-sadar", atau untuk mengganti applet disediakan seluruhnya. Salah satu contoh adalah knetworkmanager, KDE frontend untuk NetworkManager dikembangkan oleh Novell untuk SUSE Linux.



Pada dasarnya Backtrack tidak menyertakan network manager pada OSnya, yang ada pada backtrack untuk mengelola network menggunakan wicd. namun beberapa orang kurang begitu suka dengan tool manajemen network ini.

Ok langsung saja cara menginstallnya :

Pertama buka terminal dan copykan perintah berikut :

  • apt-get install network-manager-gnome network-manager-openvpn network-manager-pptp network-manager-vpnc

setelah terinstall, masuk edit konfigurasi di /etc/network/interface 
  • nano /etc/network/interface

setelah masuk ke konfigurasi, ubah menjadi :
  • auto lo
  • iface lo inet loopback

Save konfigurasi diatas.

Sampai disini langkah kita untuk menginstall Network Manager di Backtrack sudah selesai. Namun Network Manager belum bisa berjalan di Backtrack dan tampil di GNOME Panel. agar Network Manager bisa kita gunakan, maka kita perlu mengedit file konfigurasi “nm-system-settings.conf”.
  • nano /etc/NetworkManager/nm-system-settings.conf

ubah konfiguras iberikut :
  • [ifupdown]
  • managed=false

Menjadi :
  • [ifupdown]
  • managed=true

Simpan, dan reboot backtrack anda, lihatlah di gnome panel sudah muncul Network Manager Applet.


Bagaimana sobat Mboiz sudah Seperti Ubuntukan? sekarang kalay=u kita mau connect internet tidak usah menggunakan wicd.  Baiklah semoga tutorial ini berguna bagi sobat Mboiz sekalian. Salam Open Soure.

1 comments:

Anonymous said...

Download manual filenya dimana...???

Post a Comment

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Bright Future All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates